Home » Software + Program » Arcgis » Kenapa menyimpan data raster?

Kenapa menyimpan data raster?

Tuesday, September 24th, 2013 | Arcgis | Telah Dibaca 1,022 Kali
Download PDF
Share Button

Kadang-kadang Anda tidak memiliki pilihan menyimpan data Anda sebagai raster, misalnya, citra hanya tersedia sebagai raster. Namun, ada banyak fitur lainnya (seperti poin) dan pengukuran (seperti curah hujan) yang dapat disimpan sebagai baik raster atau fitur (vektor) tipe data.

Keuntungan dari menyimpan data Anda sebagai raster adalah sebagai berikut:

  • Sebuah struktur data sederhana-A matriks sel dengan nilai-nilai yang mewakili mengkoordinasikan dan kadang-kadang terkait dengan tabel atribut.
  • Sebuah format yang kuat untuk analisis spasial dan statistik canggih.
  • Kemampuan untuk mewakili permukaan terus menerus dan melakukan analisis permukaan.
  • Kemampuan untuk menyimpan seragam titik, garis, poligon, dan permukaan.
  • Kemampuan untuk melakukan overlay cepat dengan dataset yang kompleks

Ada pertimbangan lain untuk menyimpan data Anda sebagai raster yang dapat meyakinkan Anda untuk menggunakan berbasis vektor pilihan penyimpanan. Sebagai contoh:

  • Ada dapat ketidakakuratan spasial karena batas yang dikenakan oleh dimensi sel raster dataset.
  • Dataset raster adalah dataset berpotensi sangat besar. Resolusi meningkat sebagai ukuran sel menurun, namun, biasanya biaya juga meningkat dalam ruang disk dan kecepatan pengolahan. Untuk daerah tertentu, mengubah sel untuk satu setengah ukuran saat ini membutuhkan sebanyak empat kali ruang penyimpanan, tergantung pada jenis data dan teknik penyimpanan yang digunakan.

Ada juga hilangnya data yang presisi yang menyertai restrukturisasi untuk batas-sel raster jarak teratur.

Karakteristik umum dari data raster

Dalam dataset raster, setiap sel (yang juga dikenal sebagai pixel) memiliki nilai. Nilai sel mewakili fenomena digambarkan oleh dataset raster seperti kategori, besar, tinggi, atau nilai spektral. Kategori bisa menjadi kelas penggunaan lahan seperti padang rumput, hutan, atau jalan. Sebuah mungkin mewakili besarnya gravitasi, polusi suara, atau curah hujan persen. Tinggi (jarak) bisa mewakili elevasi permukaan di atas permukaan laut, yang dapat digunakan untuk memperoleh kemiringan, aspek, dan sifat DAS. Nilai-nilai spektral yang digunakan dalam citra satelit dan foto udara untuk mewakili pantulan cahaya dan warna.

Nilai-nilai sel dapat berupa positif atau negatif, integer, atau floating point. Nilai integer yang paling baik digunakan untuk mewakili kategoris (diskrit) data, dan floating-point nilai untuk mewakili permukaan terus menerus. Untuk informasi tambahan pada data diskrit dan kontinu, melihat data Diskrit dan berkesinambungan. Sel juga dapat memiliki nilai NoData untuk mewakili ketiadaan data. Untuk informasi tentang NoData, lihat NoData dalam dataset raster.

 

 

 

 

 
Rasters disimpan sebagai daftar ordered nilai sel, misalnya, 80, 74, 62, 45, 45, 34, dan seterusnya.

 

 
Daerah (atau permukaan) yang diwakili oleh setiap sel terdiri dari lebar dan tinggi yang sama dan merupakan bagian yang sama dari seluruh permukaan diwakili oleh raster. Sebagai contoh, sebuah raster mewakili elevasi (yaitu, model elevasi digital) dapat mencakup area seluas 100 kilometer persegi. Jika ada 100 sel dalam raster ini, setiap sel akan mewakili satu kilometer persegi dengan lebar sama dan tinggi (yaitu, 1 km x 1 km).

 

 

 

 

 

Dimensi dari sel dapat sebagai besar atau kecil yang diperlukan untuk mewakili permukaan disampaikan oleh dataset raster dan fitur dalam permukaan, seperti satu kilometer persegi, kaki persegi, atau bahkan satu sentimeter persegi. Ukuran sel menentukan bagaimana kasar atau halus pola atau fitur dalam raster akan muncul. Semakin kecil ukuran sel, raster halus atau lebih rinci akan. Namun, semakin besar jumlah sel, semakin lama waktu yang diperlukan untuk proses, dan akan meningkatkan permintaan untuk ruang penyimpanan. Jika ukuran sel terlalu besar, informasi dapat hilang atau pola-pola halus mungkin dikaburkan. Sebagai contoh, jika ukuran sel lebih besar dari lebar jalan, jalan mungkin tidak ada dalam dataset raster. Dalam diagram di bawah ini, Anda dapat melihat bagaimana fitur poligon sederhana akan diwakili oleh dataset raster pada ukuran berbagai sel.

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi setiap sel didefinisikan oleh baris atau kolom di mana ia berada dalam matriks raster. Pada dasarnya, matriks diwakili oleh sistem koordinat Kartesius, di mana baris dari matriks sejajar dengan sumbu-x dan kolom untuk sumbu-y dari bidang Cartesian. Baris dan nilai kolom mulai dengan 0. Pada contoh di bawah ini, jika raster berada dalam Universal Transverse Mercator (UTM)-proyeksi sistem koordinat dan memiliki ukuran sel 100, lokasi sel pada 5,1 akan 300.500 Timur, 5.900.600 Utara.

pembagian pixel

 

 

 

Seringkali Anda perlu menentukan tingkat raster. Sejauh ini didefinisikan oleh bagian atas, bawah, kiri, dan koordinat kanan area persegi ditutupi oleh raster, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
raster pixel

 

 

 

 

Share Button

Artikel Lainya

yhs-mystartdefault

Tags: , ,

Related Kenapa menyimpan data raster?

Cara Mengatur Task Pane A

Anda dapat menentukan apa yang akan ditampilkan di Task Pane dan apa yang

Australia Remote Sensing

Seperti yang diumumkan di situs web http://www.16.arspc.com/ Penginderaan Jauh 16 Australia dan Fotogrametri

Video Cara Survei dengan

Leica Smart Rover – Pertama Total Station di Dunia dengan GPS terintegrasi Leica

Studi Pemetaan Titik Ba

INTISARI Hambatan utama dalam kegiatan pengukuran dan pemetaan bidang tanah di Indonesiaadalah kurang