Home » Teknologi » Gelombang Suara, Teknologi Andal untuk Pengukuran Tanah

Gelombang Suara, Teknologi Andal untuk Pengukuran Tanah

Monday, July 4th, 2011 | Teknologi | Telah Dibaca 3,013 Kali
Download PDF
Share Button

alat ukur corsTeknologi gelombang suara memberikan harapan baru bagi kinerja pengukuran tanah di Indonesia. Teknologi ini sangat membantu kegiatan-kegiatan tersebut sebab penggunaan alat ukur yang bermuara pada teknologi gelombang suara tidak lagi tergantung cuaca, mendung dan terang. “Dengan teknologi gelombang suara, alat ukur tetap terus bisa dimanfaatkan. Sementara teknologi yang mengandalkan gelombang cahaya dirasa sudah ketinggalan sehingga menjadikan pendaftaran tanah dan pengukuran terkendala dan menjadikan semua terlambat,” kata Dr. Ir. Irawan Sumarto, M.Sc., Wakil Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) Pusat, Selasa (24/5) di UC UGM, saat membuka workshop “RTK GNSS-CORS untuk Survei Kadastral”.

Dengan teknologi baru yang bersumber pada gelombang suara, pengukuran-pengukuran bidang tanah dapat dilakukan setiap waktu. Pengukuran koordinat pojok tanah akan berlangsung secara cepat. “Kita tahu pengukuran itu tidak lagi dengan mencari titik-titik teknik di sekitar bidang tanah. Namun, titik-titik itu kini bertebaran di udara, bisa dilakukan setiap waktu sehari, seminggu, sebulan, setahun,” tambahnya.

Dengan alat ukur yang berposisi selalu stand by, alat ukur tersebut tentu dapat dimanfaatkan untuk mengukur pojok tanah setiap saat. Dengan demikian, target pemerintah dalam waktu 15 tahun ke depan seluruh bidang tanah harus selesai terdaftar diharapkan terpenuhi. “Dengan volume pekerjaan 50 juta atau sekitar 3,5 juta hektar tanah yang dapat dirampungkan dalam waktu satu tahun atau sekitar 17.500 pengukuran bidang tanah setiap hari, maka target pemerintah dapat diselesaikan,” jelas Irawan.

Irawan berharap teknologi ini dapat dimanfaatkan di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, baru sekitar 40 stasiun Continuously Operating Reference Station (CORS)/Jaringan Referensi Satelit Pertanahan (JPRS) di Jawa dan Bali yang digunakan sebagai referensi aktif dan real time guna mendukung program-program pertanahan. “Dengan berbagai reference-reference dalam waktu dua tahun diharapkan sudah mencakup seluruh wilayah di tanah air. Karenanya, teknologi yang relatif baru ini perlu disiapkan para surveior modern di BPN dan harus bisa memanfaatkan CORS/JRSP,” pungkas Irawan. (Humas UGM/ Agung)

sumber : ugm.ac.id

Share Button

Artikel Lainya

alat ukur cors, alat ukur tercanggih, gps untuk pengukuran tanah, yhs-fullyhosted_003, teknologi cors

Tags: , , ,

Related Gelombang Suara, Teknologi Andal untuk Pengukuran Tanah

Cara Mudah Mengelola Data

Sebuah AutoCAD 3D Peta peta dapat berisi objek DWG Anda query dalam dari

Studi Pemetaan Titik Ba

INTISARI Hambatan utama dalam kegiatan pengukuran dan pemetaan bidang tanah di Indonesiaadalah kurang

menunggu besi terbang di

di bandara sukarno hatta adalah tempatnya parkir besi terbang pada saat selesai pelatihan

Cara Mengakses Data melal

CARA MENGAKSES DATA MELALUI FDO Pastikan sumber fitur Anda sudah diatur dengan benar.